Pengelolaan Gaji Pegawai Indonesia



Mengelola cashflow gaji bagi pegawai di IndonesiaFuji Shinohara Offset Machine. Read more ... » (pegawai negeri sipil atau pegawai swasta) ternyata susah-susah gampang. Jika ada kenaikan gaji pns, harga barang kebutuhan langsung melonjak. Diberi uang gaji tinggi, selalu saja ada peningkatan kebutuhan rumah tangga yang ikutan dinaikkan kelasnya…

 

Uang Gaji Pegawai Indonesia

Lalu, bagaimana kebiasaan pegawai Indonesia mengelola cashflow gajinya…?!?

Kunci dalam pengelolaan gaji terletak pada arus kas atau Cash Flow. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam analisa Cash Flow, yaitu pengeluaran dan pendapatan.

Secara teori dan idealnya kondisi cash flow gaji di akhir bulan harus positif dimana total pengeluaran bulanan tidak boleh lebih dari pendapatan bulanan atau gaji yang diterima. Coba perhatikan, rata-rata orang selalu terpaku kepada satu hal saja yaitu pendapatan.

Hal itu wajar terjadi karena sumber atau pos pendapatan biasanya lebih sedikit dari pada pos pengeluaran, serta sumber pendapatan umumnya dalam jumlah yang besar dan signifikan. Sehingga kita cenderung dan bahkan selalu ingat tentang jumlah pendapatan tersebut.

Sementara, pengeluaran memiliki pos-pos yang beragam jenisnya dengan jumlah yang relatif kecil, sehingga malas rasanya untuk mengingat hal-hal yang kecil itu. Hati-hati, disini letak permasalahannya. Hal kecil jangan dianggap remeh. Karena dianggap remeh dan cenderung dilupakan, akhirnya hal kecil tersebut menjadi banyak dan tanpa disadari jumlahnya sudah menyamai dan bahkan melebihi dari penghasilan.

Memang terdengar merepotkan harus mencatat seluruh pengeluaran yang ada. Tapi, memang itu yang harus dilakukan. Bagaimana Anda mengetahui bahwa bulan ini pengeluaran Anda efektif atau tidak berlebihan jika Anda tidak pernah mencatat?

Bagaimana Anda tahu bahwa gaji yang Anda terima tidak cukup atau cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan jika Anda sendiri tidak tahu berapa sebenarnya kebutuhan bulanan yang Anda butuhkan? Oleh karena itu, dalam pengaturan cash flow, baik sisi pendapatan maupun sisi pengeluaran harus mendapatkan perhatian dan perlakukan yang sama.

Jangan hanya terpusat kepada gaji, gaji, dan gaji. Ingat, jenjang karirInfo Gaji Pegawai Terbaru. Read more ... » kepegawaian juga menentukan jumlah uang gaji yang anda terima. Jangan terus bertanya “kapan saya naik gaji?”, lebih baik fokus kepada “saya harus bisa menabung.”.

Untuk mempermudah adaptasi pengelolaan gaji dan cashflow ini, kita buat peraturan sederhana yaitu sesuatu yang rutin dikeluarkan harus berasal dari sesuatu yang rutin didapatkan. Pastikan pos-pos pengeluaran rutin utama Anda dapat dipenuhi dari sumber penghasilan rutin yaitu gaji. Sehingga penghasilan yang tidak rutin seperti bonus ataupun insentif ( jika karir anda melesat! ) digunakan untuk tambahan atau diperlakukan sebagaimana mestinya. Jika itu bonus, maka nikmatilah hal tersebut sebagai bonus.

Ingat, mengelola uang gaji secara optimal bukan berarti membuat Anda menjadi orang yang perhitungan. Pendapatan adalah hak Anda, maka dari itu nikmatilah hak Anda dengan bijaksana. Aturan main berikutnya yang paling sederhana adalah alihkan konsentrasi Anda kepada pos-pos pengeluaran.

Untuk konsentrasi kepada pengeluaran, hal pertama yang dapat dilakukan adalah, buatlah daftar pengeluaran rutin yang meliputi kebutuhan primer yang mencakup sandang pangan papan, serta pengeluaran penunjang produktifitas seperti biaya komunikasi dan transportasi, dan juga yang tidak kalah penting adalah kewajiban bulanan seperti cicilan rumah, iuran warga, dan kewajiban lainnya.

Setelah daftar pengeluaran rutin dibuat, lengkah berikutnya adalah membuat daftar investasi rutin seperti menabung untuk dana darurat, investasi dana pendidikan anak, dan investasi lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah total daftar pengeluaran rutin dan investasi rutin tersebut sebaiknya tidak melebihi pendapatan rutin yang diperoleh.

Jika masih ada sisa gaji, maka sisa uang gaji itulah yang boleh digunakan untuk pengeluaran konsumtif atau senang-senang. Kuncinya adalah, boleh bersenang-senang dan menikmati hak Anda, selama kebutuhan dan kewajiban utama sudah terpenuhi.

Jangan sampai Anda larut dalam kesenangan dan kenikmatan yang ada, tetapi sesudahnya Anda malah bingung dan panik kenapa uang gaji Anda habis.

Alih-alih mencari bisnis sampinganMemulai Bisnis Sampingan | TIPS SUKSES. Read more ... » untuk menambah gaji bulanan, kalau tidak berhasil, bisa-bisa karir pegawai anda bakal terancam karena anda nekad atau gelap mata korupsi dikantor…

Ingat, inti dari pengelolaan gaji dan cash flow terletak pada diri Anda sendiri. Anda yang harus menjadi menara kontrol terhadap uang dan gaya hidup Anda, bukan sebaliknya.

Selamat mencoba dan berkarir dengan suksesdan tetaplah komitmen pada pengelolaan keuangan Anda…!!!


 

Print Friendly

Popular keywords from search engine:

pengelolaan gaji (11)•cara meneuju kebebasan finansial dengan penghasilan kecil (1)•cara mengelola penghasilan pns (1)

Tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Captcha Reload

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>