Cara merawat buku



Cara merawat buku supaya awet tergantung dari kebiasaan anda memperlakukan buku itu sendiri.

http://www.funnythreat.com/moral_story/images/storybook-2.jpg

Lalu, bagaimana cara merawat buku yang benar supaya buku jadi lebih awet?

Coba simak tipsPC Tablet DISADVANTAGES. Read more ... » merawat buku berikut ini…

Masih ingatkah Anda buku buku pelajaran sd yang Anda miliki pertama kali? Sekarang, coba Anda ambil buku itu! Bagaimana keadaan buku populer Anda itu lainnya? Masih baikkah keadaannya? Semoga “hilang” atau “rusak” bukan jawaban yang muncul atas terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan tersebut mungkin tidak asing lagi bagi Anda. Lalu, seperti apa Anda merawat “si jendela dunia” itu?

Berikut ada beberapa cara untuk merawat buku-buku yang Anda miliki:

1. Perhatikan kelembapan ruang
Pastikan tempat buku tidak lembap dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Untuk mendapatkan udara yang cukup, tempat buku harus memiliki jendela atau lubang keluar-masuk udara secara cukup.

2. Jauhkan dari lantai
Usahakan letak buku tidak berdekatan dengan lantai. Artinya, tempat buku jangan di bagian paling bawah lemari. Pilihlah tempat yang memungkinkan buku enak dilihat dan mudah dijangkau. Pilihan bisa di bagian tengah atau atas. Hal ini juga sebagai antisipasi terhadap banjir.

3. Posisi buku pada rak/lemari buku
Posisi buku sebaiknya berdiri dan berjajar ke samping. Posisi ini memungkinkan udara masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran. Jika posisi buku bertumpuk dikhawatirkan udara tidak bisa masuk dan mempercepat kelembapan.

4.    Cegah ngengat dan jamur
Taburlah kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari. Fungsi kamper untuk mengusir ngengat dan mengurangi bau tidak sedap. Tak ada salahnya memberi lampu khusus dalam lemari buku agar buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku. Cara paling aman adalah membungkus buku dalam kemasan plastikBisnis Kemasan Plastik INDONESIA. Read more ... » dan ditaburi kamper.

5.    Rotasi buku
Lakukan rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali. Jika memungkinkan, keluarkanlah buku-buku dari lemari dan letakan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembap.

6.    Perlakuan khusus
Khusus buku populer langka berusia di atas 100 tahun yang lengket antara satu halaman dengan halaman lain tidak perlu dipaksa memisahkannya. Ada cara tersendiri untuk mengatasi hal tersebut.

  • Rendamlah kertas yang lengket itu ke dalam air selama setengah jam.
  • Angkat dan angin-anginkan di tempat sejuk.
  • Jangan sekali-kali menjemur di bawah terik matahari agar kertas tidak bergelombang setelah kering.

7.    Hindari kebiasaan buruk berikut terhadap buku.

  • Menekuk halaman buku dengan maksud untuk mengingat halaman terakhir yang Anda baca. Hal itu sama saja dengan merusak buku. Coba Anda bayangkan jika Anda hanya sempat membaca satu halaman dari buku yang tebalnya 300 halaman setiap hari. Lalu, Anda menekuk halaman terakhir yang Anda baca. Kira-kira, seperti apa bentuk buku itu saat Anda selesai membacanya? Solusinya, gunakanlah pembatas buku yang terbuat dari bahan yang tidak merusak kertas.
  • Mencoreti buku dengan maksud menandai bagian penting dari isi buku. Gunakan kertas lain, buku catatan khusus, atau semacam memo untuk maksud tersebut. Hal itu bertujuan menjaga kebersihan buku.

Sumber: http://www.ruangbaca.com


Print Friendly

Popular keywords from search engine:

mesin thermocopier (34)•petunjuk merawat buku pelajaran (19)•duplicator offset litho (11)•bagaimana cara membungkus buku dengan plastik (1)

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Captcha Reload

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>